Google memperkirakan pengguna Internet di India akan naik tiga kali
lipat pada tahun 2014 mendatang. Alasannya, kini para operator
telekomunikasi tengah berinvestasi besar-besaran dalam pembangunan
infrastruktur nirkabel. Apalagi, harga smartphone juga semakin
murah.
Kepada Wall Street Journal, Rajan Anandan,
Country Head Google India menyebutkan, perusahaannya memperkirakan bahwa
pada tahun itu pengguna Internet di sana akan mencapai angka 300 juta.
Sebagai gambaran, tahun ini jumlahnya mencapai sekitar 100 juta
pengguna.
Meski baru 8 persen dari 1,2 miliar populasinya yang
terhubung ke Internet, saat ini India sudah menjadi pangsa pasar
Internet terbesar ke tiga di dunia, dari sisi jumlah pengguna--di
belakang China dan Amerika Serikat.
“Meski banyak tantangan
infrastruktur yang dihadapi negara kami, tetapi kami sudah punya 100
juta orang yang terhubung ke Internet,” kata Anandan, mantan petinggi
Microsoft yang mulai memimpin Google India sajak Maret lalu itu.
Dikutip
dari News24, 17 September 2011, Anandan menyebutkan, para
pengguna Internet India juga menghabiskan sangat banyak waktu secara online
dan melakukan berbagai macam hal di sana.
Sayangnya,
memanfaatkan potensi yang sangat besar tersebut untuk dijadikan bisnsi
yang menguntungkan tidaklah mudah di negara di mana televisi dan koran
menjadi media utama bagi para pengiklan. Apalagi pemerintah juga belum
memberikan kemudahan dari sisi regulasi.
“Menghasilkan uang dari
pasar yang tumbuh sangat pesat itu sangat sulit bagi Google dan
perusahaan Internet lainnya di India,” ucap Anandan.
Sebagai
gambaran, belanja iklan online di India hanya mencapai sekitar
US$200 juta per tahun. Angkanya sangat kecil jika dibandingkan dengan
total industri iklan digital global yang mencapai US$80 miliar.
Sumber : vivanews.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar